SALAM PETIR !!!
Hello brothers Thunder ! disini kamu dapat menambah wawasan seputar motor tercinta Suzuki Thunder.Semoga kehadiran blog ini dapat memberi manfaat bagi kita semua.Untuk semua saran,pertanyaan maupun kritik dapat langsung ditulis dah biar rame ,yang penting sopan dan tidak berbau sara sara an.Pokoknya murni tentang motor thunder.
So…bagi brothers yang berdomisili
seputar Samarinda,Balikpapan,Tenggarong ,Bontang maupun Sangatta dan sekitarnya
yang ingin konsultasi atau ingin meningkatkan kemampuan motornya lebih oke
lagi dapat langsung ke IRTS ( Istana Republik Thunder
Sementara ) di :
Jl. Tanjung Jone Blok L /11 Perum Yuka Rt.24 Mangkupalas -Kel.Masjid Samarinda Seberang -Kalimantan Timur
Namun bagi diluar wilayah tersebut yah terpaksa diblog ini aja atau keemail :
mrblank@live.com
mohon kiranya untuk dapat memberikan comment pada tulisan ini agar kami dapat lebih meningkatkan eksperiment eksperiment pada motor ini guna kebaikan dan kemajuan kita semua.
Salam Thunder.
Mr.Blank
RAHASIA THUNDER 125
( BIG SECRET OF EN 125 / GZ 125 / DR
125 / GN 125 / GS 125 )
Sekilas kata dari Mr.Blank
Pertama
kami ucapkan bersedihlah bagi para brother thunder yang telah menjual
motornya dan mengganti dengan merek lain atau produk lain yang sama kelas atau
sedikit lebih diatas dari Thunder.Kedua kami ucapkan selamat kepada para
brother yang masih setia dengan Thunder 125.Kenapa ? sebab pada tulisan
berikutnya nanti kami akan ajak semuanya untuk lebih mengenal Suzuki Thunder
125 secara seksama agar dapat kita lihat seberapa hebatnya potensi maupun kemampuan
dari motor ini sesungguhnya.ga percaya ? simak aja ulasannya.
Sekilas tentang produk fenomenal
SUZUKI.
Siapa yang tidak kenal dengan
Produsen kelas dunia yang satu ini, Selain sering menjuarai berbagai kejuaraan
balap tingkat lokal maupun dunia , produsen ini juga sering mengeluarkan produk
– produk fenomenal yang membuat produsen lain jadi iri dan berniat
menyainginya.
Sebut saja Suzuki HAYABUSA yang
selama bertahun tahun menyandang predikat sebagai motor tercepat didunia
sehingga terkadang sering digunakan dalam pemecahan rekor dari para biker-biker
maupun uji coba bagi kendaraan roda dua maupun roda empat untuk mengukur level
dari kendaraan tersebut.
SUZUKI HAYABUSA – Motor tercepat didunia yang mampu berlari dikecepatan 634.08
km /jam.
Hadir dengan menggunakan nama burung
yang dikenal dijepang dengan nama hayabusa ,monster ini bagaikan raja diraja
bagi kendaraan bermotor roda dua.Dengan tampilan yang tidak biasa namun dengan
kecepatan yang mengerikan,produk ini laris manis dipasar – pasar motor dunia.Bicara
mengenai rekor dunia dalam kecepatan monster ini benar benar sangat fantastis,
hingga saat ini rekor duniapun seolah memang seperti ditakdirkan milik
simonster ini.
Lalu selain dari silegendaris
hayabusa,Suzuki juga mengeluarkan B KING yang terkenal dengan paduan kecepatan
dan kenyamanannya dimana produk ini sempat dilarang dieropa dikarenakan dengan
tingkat kenyamanannya yang tinggi dikhawatirkan para pengendara masih akan
merasa santai meski telah berada pada kecepatan 250 Km / Jam hingga dapat
terjadinya kecelakaan.
Suzuki B KING –Paduan kecepatan
& kenyamanan dengan berbekal mesin HAYABUSA 1300 cc.
“ B ” disini dapat menyiratkan “ BE
“ dari “ TO BE “ yang berarti “ menjadi “ raja ( KING ) dan “ BK “ yang
menyiratkan “ BIKE “ yang berarti sepeda motor, juga “ B “ yang berarti “ BIG “
( Besar ).Jadi B KING dapat diartikan sebagai raja besar atau Rajanya sepeda
motor.Wajar saja kalau Suzuki pede atau percaya diri menggunakan nama seperti
itu karena dengan menggunakan mesin silegendaris hayabusa tak ada keraguan bagi
para bikers untuk tidak mengakui hal tersebut.
Kemudian dibarisan motor Sport sendiri ada GSX 1000 R yang sering digunakan dalam kompetisi kelas dunia seperti Super bike maupun Endurance.
Kemudian dibarisan motor Sport sendiri ada GSX 1000 R yang sering digunakan dalam kompetisi kelas dunia seperti Super bike maupun Endurance.
Selain dari sering menjuarai event –
event skala international motor ini juga sering masuk dalam TOP FIVE maupun TOP
TEN motor –motor tercepat dunia.Tak heran jika motor ini menjadi salah satu
motor yang paling mengancam diarena balap.
Selain dari GSX 1000 ,ada juga GSX 750 .Motor inipun tidak kalah hebatnya dengan motor – motor Suzuki yang lain.Kehebatan motor ini terletak pada power dan speed yang tidak kalah meski dengan kelas cc yang lebih besar.Bahkan demikian luar biasanya motor ini hingga beberapa kali sering masuk dalam katagori 10 motor tercepat dunia yang menandingi rival – rivalnya yang ber cc 1000 keatas.
Kemudian untuk kendaraan roda 4
sendiri siapa yang tidak kenal dengan SUZUKI ESCUDO PIKES PIKE ? Monster yang
satu ini benar – benar mampu membuat terpukau para pereli – pereli
dunia.Demikian luar biasanya mobil ini hingga dipermainan game simulasi seperti
GRAN TOURISMO dinobatkan para gamer sebagai monsternya mobil.
Namun bukan Cuma didunia game saja
pengakuan akan keperkasaan Monster ini namun juga didunia nyata.Dengan hanya
berbekal mesin enam silinder berkonvigurasi V Twin, mobil ini mampu memuntahkan
tenaga hampir 1000 HP,itulah sebabnya tak heran bila dia dikatakan monsternya
mobil dan menyandang predikat mobil rally terbaik sepanjang masa.
Okay !
Setelah kita mengulas serba sedikit
dari produk – produk fenomenal dari Suzuki maka selanjutnya kita beralih
keproduk Suzuki yang lain bernama Thunder 125. Jujur saja,.. bila dibandingkan
dengan para suhu – suhunya diatas,maka thunder 125 memang tidak ada apa –
apanya.Dari segi fisik , mesin ,kecepatan maupun prestasi ,thunder 125 ibarat
penonton ditengah balapan.Namun meski demikian bukan berarti Thunder 125 tidak
memiliki keistimewaan maupun prestasi yang bisa dibanggakan.Dari pengamatan
yang saya lakukan dalam beberapa waktu Ternyata thunder 125 memiliki
keistimewaan dan prestasi yang tidak bisa dianggap enteng bahkan bisa dikatakan
luar biasa.Coba lihat saja jumlah komunitas Thunder 125 ,angkanya benar –benar
mengesankan.Setahu saya belum pernah ada komunitas motor yang memiliki angka
sebesar itu dan angka tersebutpun itupun baru dalam negeri sendiri ( Indonesia
),belum diluar negeri .Perlu diketahui bahwa thunder 125 dipasarkan bukan hanya
diIndonesia saja melainkan keseluruh penjuru dunia.Anda bisa bayangkan bila
para pengguna thunder atau EN 125 semuanya berkumpul ? Wah bisa Geger dunia.
Selain unggul dengan komunitas yang
meraksasa,thunderpun memiliki kelebihan – kelebihan lain yang akan saya
jelaskan dalam uraian berikut.
Rahasia 1.
Satu jiwa 3 raga
Sejak peluncurannya pertama kali
diindonesia sekitar tahun 2004 suzuki thunder 125 telah berhasil merebut hati
para bikers dengan harga yang relative murah dan dengan design yang macho.Motor
ini bisa jadi merupakan penawar dahaga bagi para bikers yang merindukan motor
lelaki yang selama ini dikenal dengan harga yang cukup tinggi .selain dari itu
kunci kesuksesan dari motor ini tentu saja tak lepas dari nama besar Suzuki
sendiri yang sering mengeluarkan produk – produk canggih ,cepat ,irit serta
awet hingga puluhan tahun.
Selain diIndonesia , Thunder 125 juga
telah diproduksi dan dipasarkan keseluruh dunia baik itu diasia maupun
dieropa.Namun dengan pertimbangan pasar dan lain sebagainya maka terdapat
beberapa perbedaan nama maupun spesifikasi yang disesuaikan dengan pasar yang
dituju.Contohnya Suzuki Thunder 125 yang kita kenal diindonesia, diinggris
dinamakan Suzuki EN 125 ,diBrazil , Uruguay,Colombia dan dibeberapa Negara
lainnya bernama Suzuki YES ,lalu dihongkong dikenal dengan nama SUZUKI EN 125
dan masih banyak lagi .
Thunder versi Inggris
Thunder versi China
Thunder versi Brazil ,Uruguay,Colombia,Rusia,Philipina,Chili dll
Thunder versi Hongkong dan menjadi top brand disana
Namun dari semua versi diatas ada design maupun model yang benar – benar berbeda dari yang biasa kita ketahui namun tetap bermesin yang sama. Model – model tersebut memang sengaja diciptakan oleh pihak Suzuki yang tentunya kembali lagi pada minat ,kebutuhan dan daya beli para bikers.Sebut saja Suzuki DRZ 125 dan DRZ 125 L,dimana produk ini memiliki design khas Trail atau Dirt Bike.Bila kita melihat sekilas maka kita tak akan pernah menyangka bahwa motor yang satu ini juga memakai mesin yang sama dengan Thunder 125 yang beredar diindonesia maupun dibeberapa Negara lain.perbedaan yang paling mencolok antara motor ini dengan thunder 125 hanya pada :
1.Bermodel DIRT BIKE dengan suspensi belakang Monoshock sedang Thunder 125 bermodel sporty dual shock.
Suzuki DRZ 125 L berbasis mesin Thunder 125 dengan design dan karakter mesin Dirt Bike
2.Memiliki type rangka yang sama
dengan thunder 125 namun hanya sedikit berbeda dibagian belakang.dimana thunder
125 sedikit lebih naik keatas sedang DRZ 125 tampak lurus kebelakang.
Design Rangka DRZ 125 / L
Design rangka Thunder 125
3.Menggunakan karburator MIKUNI VM20SS maupun KEIHIN 22
sedang thunder 125 menggunakan Mikuni VM 26.
Carburator Thunder 125
4.Menggunakan Spul pengapian yang
sesuai dengan type Dirt Bike yang biasanya bermain pada putaran bawah hingga
menengah.
Spul pengapian DRZ 125 / L
Spul pengapian Thunder 125
5.NILAI KOMPRESI.
Nilai kompresi DRZ 125 / L adalah 9,5 : 1 dan Thunder 125 sekitar 9,2 :1 .
Untuk lebih jelas mengenai kedua
produk tersebut maka berikut kami berikan spesifikasi dari masing masing motor
tersebut.
Spesifikasi DRZ 125 / L
Spesifikasi Thunder 125
Dari spesifikasi diatas dapat kita
lihat bahwa thunder 125 dan DRZ 125 / L memiliki perbedaan kompresi yang tidak
jauh berbeda meski tidak dapat dikatakan sama.Perbedaan kompresi memang akan
sangat berpengaruh pada setiap power kendaraan namun dampak buruknya juga
ada.Salah satu dampak buruk kompresi yang tinggi adalah kemungkinan terjadinya
detonasi yang akan berakibat pada mudah rusaknya komponen komponen yang terkait
dan kerugian bahan bakar yang boros akibat dari tidak dapat terbakarnya bahan
bakar secara benar.Thunder 125 sendiri dirancang agar dapat bertahan hingga
puluhan tahun dan irit bahan bakar ,itulah sebabnya nilai kompresipun tidak
dipatok terlalu tinggi.
5.BOBOT
Untuk bobot sendiri keduanya memiliki perbedaan yang sangat jauh dimana Thunder 125 memiliki bobot sekitar 127 kg sedang DRZ 125 / L hanya memiliki bobot sekitar 80 – 89 kg.Bobot yang lumayan berat inilah yang merupakan salah satu penyebab dari kurang responsifnya Thunder 125 dalam berakselerasi.Namun meski demikian bukan berarti ini merupakan kekurangan dari thunder 125, justru menurut saya hal ini merupakan kelebihan,kenapa ? Karena dengan bobot yang lumayan berat ini motor akan lebih stabil serta tidak limbung dan goyang dalam putaran putaran atas (Bandingkan dengan motor – motor yang memiliki CC yang sama dengan Thunder 125 namun dengan bobot yang lebih ringan pada putaran tinggi ).
Perlu diketahui bahwa diluar dari
perbedaan- perbedaan yang paling mencolok diatas hampir seluruh bagian mesin
DRZ 125 / L dan Thunder 125 memiliki kesamaan baik itu dari
piston,ring,bore,stroke dan lain lainnya.
Kemudian selain dari type DRZ 125
yang memiliki persamaan yang sangat signifikan,ada pula Suzuki Maruder
125.dimana motor inipun memiliki basis yang sama dengan suzuki thunder125.
Perbedaan yang mencolok hanya pada :
1.Desain model mengikuti aliran copper yang biasa digunakan dimotor harley.
2.Menggunakan karburator Mikuni VM
22 dengan main jet 102 dan pilot jet 35 dan /atau mikuni VM 26 sedang Thunder
125 th 2010 menggunakan Mikuni VM 26 dengan main jet 107,5 dan pilot jet
12,5.Ditahun yg agak lama Thunder menggunakan main jet 110 dan pilot jet 12,5.
Karburator marauder 125
Karburator Thunder 125
3.Design rangka yang terdapat sedikit perbedaan.
Design rangka marauder 125
Design rangka Thunder 125
Untuk lebih jelas mengenai
kedua produk ini coba lihat spesifikasi keduanya.
Spesifikasi Marauder 125
Spesifikasi Thunder 125
Dari penjelasan diatas dapat kita
lihat bahwa suzuki thunder 125 memiliki kesamaan dengan motor – motor tersebut
diatas,lantas apa keuntungannya bagi pengguna suzuki thunder 125 sendiri
Mr.Blank ?
jawabnya adalah :
1.Karena versi – versi diatas
dipasarkan keseluruh dunia maka secara otomatis Sparepartnyapun tersedia
diseluruh dunia hingga anda tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam
mendapatkannya.Untuk pencarian anda dapat menggunakan kata kunci EN 125 ,DRZ
125 ,MARAUDER 125 atau GN 125.
2.Kita relative dapat dengan cepat
dan mudah merubah -rubah design maupun karakter mesin sesuai dengan keinginan
kita atau merubah image motor kita menjadi image yang berbeda.contoh misalnya
bila kita ingin merubah Thunder 125 menjadi DRZ 125 L atau Marauder 125 sesuai
aslinya,maka kita dapat memesan produk tersebut disitus situs yang menjual
parts maupun aksessori motor tersebut.Namun sebagai catatan,untuk merubah
Thunder 125 menjadi DRZ 125 perlu penambahan dudukan shock pada bagian bawah
tangki karena DRZ 125 menggunakan monoshock.Namun tak perlu khawatir akan hal
ini karena pihak Suzuki sendiri telah menyediakan ruang atau tempat untuk
dudukan tersebut,coba anda buka jok dan tangki anda lalu perhatikan baik baik
diantara sambungan rangka.disitu anda akan melihat bahwa dari tulang rangka depan
keujung belakang tulang tersebut ada lebihan besi yang menjorok keluar.lebihan
besi tersebut adalah tempat meletakkan dudukan / pangkon shock bila kita ingin
menjadikannya monoshock.
Yang jadi pertanyaan bagaimana
dengan kotak filter udaranya ? caranya mudah,anda dapat memesannya disitus –
situs yang menjual part DRZ 125 atau merubahnya sedikit dengan cara
menggesernya kebelakang dengan mengorbankan atau mengganti spatbor penutup
bagian bawah.
Sedang untuk karet manifold atau karet penghubung antara moncong karburator dengan kotak filter anda dapat menggunakan karet RM 125 atau TS 125.Yah ga sama persis sih tapi dapat dipasang dengan sedikit modifikasi.
3.Dapat memiliki jalinan dengan
seluruh club thunder maupun club Marunder,DRZ ,GN dan lain sebagainya diseluruh
dunia yang rata rata menyukai touring maupun modifikasi kendaraan mereka.
Rahasia 2.
Keunggulan SIRIP UDARA
dan PAIR ( PULSED SECONDARY AIR INJECTION SYSTEM ) .
Selain unggul dari sisi bahan bakar yang irit ( 1 liter per 60 hingga 65 Km dengan kondisi standar,setelan angin 3 x 360 derajat ),dan body yang stabil,Suzuki Thunder 125 juga memiliki keunggulan lain yang tidak dimiliki oleh kendaraan sejenis .
Pertama adalah sirip –sirip angin yang lebih lebar pada bagian utama mesin.
Ketika pembakaran terjadi , panas yang dihasilkan akan menyebar keseluruh bagian mesin.Panas tersebut apabila tidak segera lepas maka akan mengakibatkan motor menjadi over heating yang tentu saja akan merusak mesin tersebut. Bagian mesin yang menghasilkan panas terbesar tentu saja adalah ruang bakar oleh karena itu bagian tersebut perlu pendinginan ekstra dibanding bagian lain. Pendinginan ruang bakar banyak macamnya antara lain radiator air ,radiator oli, kipas ,sirip –sirip angin dan lain sebagainya. Disuzuki thunder sendiri pendinginan ruang bakar menggunakan sirip angin . Sirip angin ini berfungsi untuk mengurai panas yang muncul akibat proses pembakaran yang kemudian dilepaskan dengan bantuan terpaan angin.Semakin lebar sirip angin maka akan semakin cepat proses pendinginan tersebut terjadi.Nah disinilah salah satu keunggulan dari Thunder 125.jika kita jeli maka kita akan melihat dari rata-rata motor yang beredar khususnya diindonesia tidak ada yang memiliki sirip –sirip angin selebar Thunder 125.Pada Thunder 125 Lebar sirip – sirip angin berkisar antara 2,5 hingga 3,2 cm,sungguh sangat lebar. Hal ini tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi Para Rider thunder yang sering melakukan touring atau perjalanan jauh karena suhu mesin akan tetap stabil meski tidak menggunakan radiator.
JALUR ANGIN DALAM PENDINGINAN BLOK MESIN
Selain dari Sirip angin yang super lebar,Thunder juga memiliki perangkat lain yang tak kalah penting yaitu PAIR.Namun sayang banyak dari pengguna Thunder 125 kurang mengetahui kehebatan dari 2 komponen penting tersebut ( Sirip angin dan PAIR ),hingga tak jarang ada yang tidak mengunakan komponen PAIR khususnya karena dianggap tidak memiliki pengaruh pada tingkat laju motor atau pada kondisi motor itu sendiri.
Selain dari Sirip angin yang super lebar,Thunder juga memiliki perangkat lain yang tak kalah penting yaitu PAIR.Namun sayang banyak dari pengguna Thunder 125 kurang mengetahui kehebatan dari 2 komponen penting tersebut ( Sirip angin dan PAIR ),hingga tak jarang ada yang tidak mengunakan komponen PAIR khususnya karena dianggap tidak memiliki pengaruh pada tingkat laju motor atau pada kondisi motor itu sendiri.
Keunggulan tersembunyi yang terkadang terabaikan
Perlu diketahui bahwa sebenarnya tehnologi PAIR adalah tehnologi yang dibuat guna meminimalisir racun yang dihasilkan oleh sisa pembakaran.Teknologi ini bukan saja diaplikasikan pada kendaraan roda dua semata melainkan juga pada kendaraan roda empat pula.Namun pada kendaraan roda dua khususnya Thunder ,selain untuk meminimalisir racun sisa pembakaran ternyata alat ini juga berfungsi untuk mendinginkan blok mesin pula.Alasannya sederhana,dengan bantuan alat tersebut angin dingin yang berasal dari filter udara dan karburator diinjeksikan kelubang pembuangan agar udara yang keluar dari knalpot lebih bersih.Tekanan angin dingin yang dihasilkan oleh injeksi tadi akan melewati pipa yang terhubung langsung dengan blok silinder.Karena udara yang melewati pipa tersebut dingin,maka otomatis pipa tersebut akan dingin pula.suhu dingin ini pelahan akan merambat menuju blok silinder yang juga menjadi dingin karena terkena semburan angin yang diinjeksikan tersebut.jadi sederhananya ,komponen PAIR yang ada dithunder memberikan keuntungan ganda .Bagaimana ? setuju ?
Diagram Air Injection pada Thunder 125
RAHASIA 3.
Sipelari bertenaga badak yang tersembunyi.
Dibalik Karakternya yang smooth namun tegas,Thunder 125 ternyata memiliki potensi yang tidak bisa dipandang enteng .Namun sayang banyak para riders Thunder sendiri yang tidak menyadari potensi besar yang dimilikinya.Rasa haus akan speed maupun performa tak jarang membuat para riders Thunder mengganti segala macam part yang ada agar bisa mendapatkan semua itu..Dari hasil pengamatan saya selama berbulan – bulan Kebanyakan dari para riders thunder 125 cendrung mengganti karburator mereka dengan alasan bahwa inilah penyebab dari kurangnya speed maupun power dari thunder.Sebagian lagi ada yang mengganti coil,cdi bahkan spul pengapian mereka.Benarkah hal tersebut? jawab saya bisa ya bisa tidak. Kenapa ? karena dengan beberapa alasan tertentu penggantian semua part tersebut memang perlu,namun kalau cuma ingin meningkatkan performa standar menjadi lebih bertenaga dan cukup ganas,maka penggantian tersebut saya rasa tidak terlalu perlu dilakukan karena dari penelitian yang saya lakukan ternyata pihak suzuki ( meskipun tidak secara langsung) dalam merancang produk ini benar –benar telah mempersiapkan kebutuhan para ridersnya untuk keperluan tertentu,misalnya untuk keperluan sehari – hari,turing,menaklukkan jalan berlumpur bahkan untuk kebut – kebutan.Tapi tentu saja harus diutak utik sendiri untuk mendapatkannya.buktinya ? silahkan ikuti ulasan saya lebih lanjut .
1.PANJANG STROKE
Syarat utama untuk menjadi seorang pelari atau petarung tentulah harus memiliki tenaga mumpuni dan langkah yang cepat.kenapa ? karena semakin cepat langkah maka semakin cepat pula speednya.Logikanya begini , Semakin pendek langkah atau stroke suatu kendaraan maka perputaranpun akan semakin cepat dikarenakan jarak pergerakan lebih dekat. memang semuanya tidak lepas dari keterkaitan antara komponen satu dengan yang lainnya,namun tak dapat dipungkiri bahwa dengan semakin pendeknya langkah maka akan menghasilkan kinerja yang cepat pula. Nah ! thunder 125 sendiri berdasarkan spesifikasinya memiliki Stroke atau langkah 48,8 mm.Langkah ini bisa dikatakan paling pendek diantara motor motor konvensional lainnya.contohnya : pada Yamaha Byson bore & Strokenya adalah 58.0 x 57.9 mm , Scorpio z : 70 x 58 mm ,Jupiter MX : 54.0 x 58.7 mm ,Vixion : 57.0 x 58.7 mm ,Vega R : 51.0 x 54.0 mm , Vega ZR : 50 x 57.9 mm , Tiger : 63,5 x 62,2 mm , mega pro : 57,3 x 57,8 mm,dan lain sebagainya hanya Honda cs 1 yang memiliki langkah yang hampir sama dengan thunder yaitu 47.2 mm.
Langkah yang pendek ini
sebenarnya adalah salah satu modal besar bagi motor – motor pelari atau
petarung.Hal ini dikarenakan dengan langkah yang pendek maka putaran mesinpun
semakin cepat yang tentu saja akan menghasilkan tenaga yang besar pula. Sebagai
bahan pembanding maka mari kita lihat beberapa spesifikasi dari beberapa motor
pelari atau petarung yang ada.
SPESIFIKASI HONDA CBR 150
SPESIFIKASI SATRIA FU
SPESIFIKASI NINJA 250
SPESIFIKASI GSX 750
Dari beberapa
spesifikasi diatas dapat kita lihat bahwa semua motor motor dengan spek racing
memiliki langkah langkah yang pendek ,tidak ada yang melewati angka 50.dan yang
cukup mengagetkan adalah ternyata thunder 125 sendiri memiliki panjang langkah
yang sama dengan Satria FU 150 dan siphenomenal GSX 750 R yang nota benenya
adalah motor yang memiliki kecepatan yang luar biasa.Hal ini cukup aneh karena
Thunder 125 dibuat bukan untuk kebut –kebutan tapi untuk keperluan sehari hari
makanya konsumsi bahan bakarpun dibuat sangat irit,namun mengapa langkahnya
dibuat sedemikian rupa ? hal ini tentu saja berkaitan dengan apa yang sudah
saya sebutkan diatas bahwa pihak Suzuki telah meletakkan beberapa fasilitas
tersembunyi layaknya seperti ” hidden code “ pada permainan games,tinggal dari
bagaimana kita menyikapi hal tersebut.
2.OVER CARBURETOR
Bagian lain yang menjadi “ hidden code “ dari Thunder 125 adalah diameter karburatornya yang besar.Diameter karbu ini sangat besar bila dibandingkan dengan karburator motor lain yang bervolume silinder sama dengan thunder yakni 125 cc,dimana rata- rata menggunakan diameter 18 hingga 22.Justru yang lazim menggunakan karburator berdiameter 26 ini rata – rata adalah motor motor yang bervolume silinder 150 cc.
Dalam kebiasaanya bila
sebuah motor kebesaran karburator maka akan berakibat turunnya kinerja dari motor
tersebut.Bila karburator tersebut dimasukkan pilot jet dan main jet kecil maka
akan berakibat kurusnya bahan bakar yang berdampak pada rendahnya tenaga yang
dihasilkan.sedang bila karburator tersebut dimasukkan pilot jet dan main jet
besar maka tenagapun akan drop kecuali jika pengapian yang dihasilkan cukup
besar hingga dapat membakar habis bahan bakar yang ada,namun biasanya,dalam
bukaan gas yang cepat akan terjadi lag atau keterlambatan pembakaran.
Thunder 125 menggunakan
karburator Mikuni VM 26 dengan main jet 110 dan pilot jet 12,5 pada
keluaran-keluaran terdahulu,sedang keluaran terbaru menggunakan main jet 107,5
dan pilot jet 12,5.Hal ini cukup menarik karena disamping diameter karburator
thunder 125 sama dengan satria Fu yang ber cc 150,main jetnyapun sama dengan
Yamaha scorpio yang menggunakan karburator Mikuni BS 30 dengan main jet 110 dan
pilot jet 17,5 padahal seperti yang kita ketahui bersama bahwa Yamaha Scorpio
mempunyai volume silinder sebesar 225 cc lantas mengapa Thunder 125 menggunakan
main jet sebesar itu ? Bingung ???.Jadi menurut saya dengan penggunaan
karburator yang besar ini adalah sangat wajar bila Thunder 125 memiliki tenaga
yang kurang baik apalagi pada pendakian.
SPESIFIKASI SATRIA FU 150
Kalau begitu apakah pihak Suzuki salah dalam membekali thunder 125 dengan karburator yang besar ini ? Saya jawab tidak ! karena pihak Suzuki sendiri memang merancang produk ini lebih menonjolkan sisi efesiensi bahan bakar,kenyamanan dan gaya dan bukan pada speed maupun yang lainnya.Namun sekali lagi saya katakan bahwa produk ini memiliki " hidden code "yang harus kita buka guna mendapatkan speed maupun power yang kita inginkan,dan salah satu” hidden code” tersebut adalah karburator yang besar ini.
Mungkin anda pernah mendengar atau membaca dalam beberapa artikel diinternet tentang beberapa surfer yang menjual blok silinder thunder 125 yang siap pasang menjadi 150 cc.Menurut infonya produk tersebut asli dari Suzuki.Nah diapun mengatakan bahwa memasang blok tersebut tidak perlu merubah apa-apa alias P & P.Jadi kalau memang benar demikian maka dapat kita simpulkan bahwa memang Suzuki sendiri telah meletakkan” hidden codenya” dimotor ini.Namun bila tidak,maka andapun tidak akan kesulitan dan mengeluarkan biaya besar dalam merubah volume silinder motor ini menjadi 150 cc karena karburatornya telah dipersiapkan duluan oleh pihak Suzuki yakni Mikuni VM 26 tersebut. Bagaimana ? Enakkan ???
Salah
satu dari Brothers Thunder yang berhasil membuka " Hidden Code
" Thunder 125
|
Kesimpulannya….dengan
berbekal dua senjata yang telah dibekalkan oleh pihak suzuki seperti tersebut
diatas maka bukan tidak mungkin Thunder 125 dapat menjadi petarung yang cukup
disegani dikelasnya sendiri maupun dikelas 150 cc.Hal ini saya kemukakan bukan
tanpa alasan karena dengan merubah sedikit saja apa yang ada didalam kotak udara
atau kotak filter thunder maka secara mengejutkan thunder dapat berlari dengan
ringan dan menaklukkan gunung dengan mudah.
Dan sebagai penutup berikut saya beberkan cara meningkatkan power maupun speed thunder 125 dengan hanya bermodal lem castol.Sulit dipercaya memang namun saya telah membuktikannya sendiri dibelahan bumi kalimantan yang terkenal dengan jalannya yang banyak mendaki dan berkelok.semoga bermanfaat.
Dan sebagai penutup berikut saya beberkan cara meningkatkan power maupun speed thunder 125 dengan hanya bermodal lem castol.Sulit dipercaya memang namun saya telah membuktikannya sendiri dibelahan bumi kalimantan yang terkenal dengan jalannya yang banyak mendaki dan berkelok.semoga bermanfaat.
Salam Thunder.
Merubah Thunder 125 menjadi penakluk Gunung dan cepat berakselerasi.
Sebelum saya lanjutkan tulisan ini perlu saya sampaikan bahwa perubahan yang akan dilakukan nanti adalah perubahan dari thunder 125 dengan spesifikasi standar menjadi motor yang lebih kuat untuk menaklukkan gunung maupun cepat dalam berakselerasi dan bukan motor yang telah dirubah hingga keluar dari spesifikasi standarnya.Ini dimaksudkan agar para riders Thunder yang baru menggunakan Thunder atau tidak memiliki dana cukup untuk merubah atau tidak ingin merubahnya sama sekali dengan penggantian part dapat menikmati kemampuan tersembunyi yang ada pada Suzuki thunder 125.
Perlu diketahui bahwa
trik yang akan saya paparkan nanti adalah trik yang terlebih dahulu telah saya
uji selama 1 bulan dengan menggunakan Thunder 125 keluaran maret 2010.Jadi
kemungkinan akan ada sedikit perbedaan tenaga maupun akselerasi dalam
pengaplikasiannya dengan thunder keluaran yang lebih lama.Ini dikarenakan
kemungkinan adanya penurunan kompresi dari motor – motor yang lebih lama karena
usia pakai dan lain sebagainya.Disamping itu terdapat adanya perbedaan
spesifikasi pengapian dimana pada thunder lama menggunakan Transistor sedang
yang terbaru menggunakan CDI.Perbedaan lainnya adalah penggunaan main
jet,dimana pada thunder lama menggunakan main jet 110 sedang thunder dengan
tahun yang lebih baru menggunakan main jet 107,5.Agar tidak bertele tele simak
saja trik berikut ini.
Langkah 1.
Buka cover samping kiri dibawah jok anda dan disitu akan langsung terlihat kotak fiter udara.
Langkah 2.
Buka 3 baut lubang masuk angin lalu cabut keluar maka akan Nampak pipa yang memanjang.perhatikan baik – baik pipa tersebut,disitu ada dua garis yang masing masing melingkari pipa tersebut.Ambil alat pemotong ( sebaiknya gergaji besi biar tampak rapi ) lalu potong pada garis yang paling dekat dengan lubang masuk angin.
Langkah
3.
Setelah pemotongan jalur angin maka kita lanjut dengan filter udara.Buka 3 baut yang ada dikotak saringan udara lalu cabut keluar.disitu akan Nampak busa filter.keluarkan busa tersebut dari tempatnya atau dari dudukannya.
Ukur dan potonglah ujung tempat dudukan busa filter tersebut sekitar 4 cm,jangan lebih karena akan keluar dari setelan karburator yang akan kita setel nanti.Setelah terpotong rangkaikan kembali dengan lem castol seperti terlihat pada gambar.
Setelah pemotongan jalur angin maka kita lanjut dengan filter udara.Buka 3 baut yang ada dikotak saringan udara lalu cabut keluar.disitu akan Nampak busa filter.keluarkan busa tersebut dari tempatnya atau dari dudukannya.
Ukur dan potonglah ujung tempat dudukan busa filter tersebut sekitar 4 cm,jangan lebih karena akan keluar dari setelan karburator yang akan kita setel nanti.Setelah terpotong rangkaikan kembali dengan lem castol seperti terlihat pada gambar.
Setelah dirangkaikan kembali maka otomatis panjang dari dudukan filter tersebut akan berkurang sekitar 4 cm.
Langkah 4.
Setelah merangkai dudukan busa filter tersebut maka sekarang potonglah busa filternya sepanjang 4 cm pula.
Karena
telah terpotong otomatis bagian atas dari filter tersebut akan bolong,untuk itu
kita perlu menutupnya kembali dengan cara mengambil bagian atas atau bagian
penutup filter tersebut.
Setelah semuanya siap maka tutuplah lubang diatas filter yang dipotong dengan cara merekatkannya dengan menggunakan lem castol.Usahakan lem benar – benar rata dan kering sebelum merekatkan antara satu bagian dengan bagian yang lain.Ini untuk menghindari agar apa yang telah direkatkan tadi tidak lepas akibat tarikan angin dari karburator yang juga mengandung bensin hingga mengurangi daya rekat lem tersebut.
Sekarang
senjata baru anda telah siap untuk dicoba,pasanglah kembali seperti sediakala
kedalam rumah filter.
Setelah semuanya
terpasang maka yang perlu kita lakukan lagi hanyalah menyetel karburator.Untuk
mendapatkan power dan akselerasi yang baik maka perlu melakukan penyetelan
angin karburator.penyetelan angin ini berbeda beda menurut kondisi mesin.dalam
uji coba yang saya lakukan,setelan angin dengan memakai pilot jet 12,5 dan main
jet 110 adalah 3,5 x 360 derajat.Caranya adalah dengan memutar setelan angin
searah jarum jam atau kearah dalam lalu putar keluar berlawanan arah jarum jam
sebanyak 3,5 atau 4 lingkaran penuh.Bila anda ingin mendapatkan power lebih
anda bisa memakai setelan 3 atau 3 setengah lingkaran saja.namun agak kurang
enak dalam putaran bawah namun ganas dan power ngisi terus diputaran atas.
Catatan : Bila motor
anda memakai main jet 107.5 maka busa yang dipotong adalah 3 cm dengan setelan
putaran angin 3 lingkaran penuh. Namun dari uji coba yang saya lakukan dengan
memakai main jet 107,5 tersebut top speed hanya mencapai 120 km saja serta
power hanya berada sekitar 12 hingga 12,8 hp saja.Namun bila anda menggunakan
main jet 110 dengan pilot jet 12,5 maka tenaganya akan naik sekitar 14,2 hingga
15 hp.Bayangkan dengan hanya berbekal 125 cc saja tenaga thunder 125 dapat
melewati tenaga motor yang ber cc 150 seperti Vixion yang cuma bertenaga 14,88
ps,satria fu 16,7 ps,yamaha byson 13,73 ps,new mega pro 13,7 ps.Namun yang
perlu diketahui bahwa besaran power atau ps tidak menjamin motor tersebut dapat
berlari kencang.
selamat mencoba.
Tips lain : gunakan
pertamax untuk mendapatkan power yang maksimal serta gunakan oli yang sesuai.dalam
uji coba saya menggunakan oli mesin prima XP ,sedang bahan bakar memakai 2
jenis bahan bakar yaitu pertamax kemudian premium.hasilnya dengan menggunakan
pertamax sangat memuaskan.tenaga dapat,bahan bakar cukup irit.
Untuk mendapatkan top
speed hingga 140 km gunakan gir belakang 36 atau 38 kemudian turunkan clip
jarum skep keposisi paling bawah , setelan angin 3 x 360 derajat .Dari uji coba
yang saya lakukan dengan memakai gir standar saja,gigi 3 nya maksimal
mampu menembus angka 90 km / jam,sedang gigi 4 nya maksimal mampu menembus
angka 110 km dengan bergoncengan.cuma bensin rada boros berkisar antara 1
L / 30 km hingga 1 L / 35 km .
Sebenarnya masih sangat banyak trik yang dapat dilakukan untuk lebih meningkatkan power dan speed motor ini.Namun tentu saja dengan penggantian part standar dengan part yang lain serta dengan meningkatkan volume silinder menjadi 150 hingga 250 cc,Namun tentu saja semuanya kembali kepada kantong brothers semuanya,sebab biayanya juga akan membengkak.Namun yang pasti dengan 125 cc saja Thunder udah sangat cukup kuat dan irit kok untuk segala macam aktivitas kita,dan tentu saja ga kalah sama yang lain.Buktikan aja!!!
Sebenarnya masih sangat banyak trik yang dapat dilakukan untuk lebih meningkatkan power dan speed motor ini.Namun tentu saja dengan penggantian part standar dengan part yang lain serta dengan meningkatkan volume silinder menjadi 150 hingga 250 cc,Namun tentu saja semuanya kembali kepada kantong brothers semuanya,sebab biayanya juga akan membengkak.Namun yang pasti dengan 125 cc saja Thunder udah sangat cukup kuat dan irit kok untuk segala macam aktivitas kita,dan tentu saja ga kalah sama yang lain.Buktikan aja!!!
Salam Thunder.
NOTE :
Beberapa link video thunder 125 yang dapat berlari diatas 135 km / jam hingga 150 km / jam
terimaksih bro .... siap uji coba ..... sippp hebat
BalasHapusbro numpang tanya dong, kalo mau modif thunder area samarinda daerah mana ya ?
BalasHapusMau tanya kalau thunder 125 di ganti karbu pe 28 kecepatannya jd brp
BalasHapusBang klo thunder 2005 non kick dirubah jadi kick stater yang dibutuhin apa aja yg mesti dibeli..karena saya udah nyari dionline shop ga dapat2 yg paketan selahan..mksh infonya bang...
BalasHapusBang klo thunder 2005 non kick dirubah jadi kick stater yang dibutuhin apa aja yg mesti dibeli..karena saya udah nyari dionline shop ga dapat2 yg paketan selahan..mksh infonya bang...
BalasHapus